Monday, September 11, 2006

Tukar uang dulu

Hari ini kita berangkat ke Hanoi. Setelah pagi-pagi muterin China Town nyari obat batuk, siangnya kita menuju ke Changi Airport. Makan siang dulu di Changi Airport sebelum naik bus shuttle ke Budget Terminal.

Photobucket - Video and Image Hosting
Jajan Pasar di Bengawan Solo, Changi Airport

Budget Terminal ini adalah terminal khusus untuk Budget Airlines, tapi sampai saat ini baru Tiger Airways saja yang menggunakan terminal ini.

Photobucket - Video and Image Hosting
Budget Terminal Changi Airport

Nggak banyak yang bisa dilihat di Budget Terminal ini baik di ruang tunggu sebelum cek in maupun ruang tunggu sebelum boarding. Hanya ada beberapa toko dan sore ini hanya ada dua penerbangan Tiger jadi sepi pengunjung.

Penerbangan dari Singapura ke Hanoi akan makan waktu sekitar 3 jam 20 menit. Berangkat dari Singapura jam 16.00 dan sampai di Noi Bai Airport jam 18.20. Waktu di Vietnam lebih lambat satu jam dibandingkan Singapura.

Photobucket - Video and Image HostingPhotobucket - Video and Image Hosting
Noi Bai International Airport yang punya genteng bocor

Pemeriksaan imigrasi berjalan lancar dan ketika kita keluar bandara jemputan sudah menunggu. Selama di Hanoi kita akan menginap di Prince Hotel karena kita booking untuk 3 malam makanya dapat gratis jemputan dari Bandara.
Kalau naik taxi dari bandara menuju ke Hanoi akan kena biaya sekitar US$ 10 dengan lama perjalanan sekitar setengah jam.

Photobucket - Video and Image Hosting
Prince Hotel

Hari sudah gelap ketika kita menuju ke kawasan Old Quarter di sekitaran Danau Ho Kiam. Hotel-hotel di kawasan ini biasanya hanya terdiri dari empat lantai dengan dua belas kamar. Kita dapat kelas deluxe dengan membayar US $ 17 permalam. Kamar kita terletak di lantai empat, lantai paling atas. Lumayan juga naik tangganya. Kamarnya luas dan bersih, tv, ac, kulkas dan kipas angin tersedia. Tempat tidurnya malah satu untuk double dan satu lagi untuk single, jadi sebenarnya untuk tiga orang masih bisa.

Photobucket - Video and Image Hosting
Ini kamar di Prince Hotel, nginep 3 malam gratis jemput di airport.

Kelar beberes kita cari money changer dan mau makan malam. Ternyata malam ini kita kurang beruntung nyari money changer nggak ketemu di sekitaran Water Puppet Theater. Bank di Hanoi tutup jam 16.00, money changer sebenarnya beberapa. Kita sudah muter-muter tapi karena lapar dan cape akhirnya kita mengambil uang di ATM. Jadi mendingan siap-siap sebelum ke Hanoi tuker beberapa ratus ribu Dong buat satu hari pas dateng aja biar kalo udah keburu laper nggak repot nyari money changer. Sepertinya kalau menginap di hotel berbintang pasti ada money changer sayangnya kita nggak menginap di hotel model begitu.

Setelah dapat uang langsung cari tempat makan. Nemu satu tempat yang rame orang sedang makan kita langsung masuk aja. Ternyata tidak mengecewakan, perut kenyang hanya menghabiskan 20.000 dong sekitar Rp 12.000,-. Sayangnya batuk saya makin parah, mesti nyari obat batuk cair dulu di apotik.

Rasa obat batuk cair buatan India ini kok manis banget ya, jadi kaya minum sirup. Gak ada rasa mentol yang menyegarkan tengorokan lagi. Tahu gini bawa obat batuk dari Jakarta.

Malam ini kita cari paket tour ke wilayah Ninh Binh, mau naik perahu di Sungai Ngo Dong. Banyak tour operator yang bertebaran tinggal kita kumpulin niat buat survey harga dan service yang dikasih. Bisa dibilang rata-rata menjual dengan harga dan service yang sama. Perjalanan esok hari kita kena biaya US $ 17,5 per orang ini sudah termasuk transportasi, makan siang dan tiket masuk. Besok kita akan di jemput di hotel jam 07.30.