Tuesday, June 20, 2006

Wanderlust

1. Arjuno + Argopuro
2. Baluran + Blambangan (Meru Betiri)
3. Kerinci
4. Borneo + Kinabalu
5. Rinjani via Sembalun
6. Semeru
7. Ujung Kulon
8. Ujung Pandang
9. Komodo

Nama-nama tempat di atas gua temukan di time planner jaman dulu. Judulnya Wanderlust, gak ada tanggal penulisan tapi perkiraan sih sekitar tahun 1994an.Tempat-tempat ini harus gua datengin (itu waktu nulis di time planner dulu).

1. Arjuno dan Argopuro (dua gunung ini belum pernah gua daki sampai puncaknya).
Arjuno gua daki tahun 1992 lewat Sumber Brantas dan kita (gua berdua sama Aji) memutuskan untuk turun setelah bermalam di tengah hutan dengan suhu -5 derajat ditemani kabut tebal. Jalan yang makin nggak jelas menjadi penyebab utama kita memutuskan untuk turun.

Agropuro gua daki tahun 1989 bersama Alif, Andi, Aji, Leo dan Heri. Kita kesasar diketinggian 2300 m. Pada ketinggian ini seharusnya kita sudah melewati Taman Hidup, danau di ketinggian 2100 m (kalo gak salah inget ya) akhirnya kita putuskan untuk turun dan mendaki Merbabu di Jawa tengah.

Kedua gunung ini kalau gua bisa sampai puncaknya berarti semua gunung di Pulau Jawa yang tingginya lebih dari 2800 meter telah gua jejaki semua puncaknya. Ini impian gua waktu itu alasan kenapa gua nulis kedua gunung ini di urutan pertama.

Untuk masa sekarang apakah impian ini masih mungkin gua kejar ? Ya…. Ini impian anak muda jaman dulu, kita lihat saja.

2. Baluran + Blambangan (Meru Betiri) dua pantai ini ingin gua datengin, sampai saat ini masih menjadi impian Meru Betiri sekaligus Alas Purwo dan Baluran di bagian Utara . Berjalan di pasir putih ditemani dua matahari dan debur ombak. Penderitaan yang setimpal untuk suasana yang akan didapat. Ujung Timur Pulau Jawa, harus didatangi.

3. Kerinci, entah mengapa gua nulis Gunung Kerinci di list ini. Mungkin dulu gua ingin sekali naik Gunung tertinggi di Sumatera, tetapi saat ini sepertinya api itu sudah redup dan hampir padam.

4. Borneo + Kinabalu. Entah gua inget atau tidak dengan daftar ini waktu gua pergi tanggal 23 Desember 2001 sampai 9 Januari 2002. Perjalanan pertama gua ke Borneo, bersama teman-teman dari FISIP UI kita menjelajah Taman Nasional Betung Kerihun dan Gunung Kinabalu.

5. Rinjani Via Sembalun. Lewat Senaru dan Torean gua udah pernah tapi kalo lewat Sembalun gua belum pernah. Melihat puncak Rinjani yang masih jauh dari Pelawangan Sembalun aja udah buat males buat mendaki apalagi mesti ngejalanin lagi saat ini. Ya…. Mungkin perlu di coret aja dihitung udah pernahlah.

6. Semeru, kenapa ya gua nulis Gunung Semeru ? Seinget gua waktu nulis di time planner ini gua udah tiga kali naik Semeru. Tahun 1988 pertama kali ke Semeru waktu jalan antara Ranu Pane sampai Ranu Kumbolo masih banyak terowongan yang membuat kita harus jalan jongkok. Terowongannya nggak cuman satu batang pohon kebanyakan malah tiga sampai lima meter. Sampai terakhir tahun 1992 dengan kondisi jalan yang udah bebas hambatan. Lama juga terakhir naik Semeru, 14 tahun yang lalu. Ya ini juga gua coret aja deh dari daftar.

7. Ujung Kulon, waktu gua nulis di Time Planner gua baru sekali ke Ujung Kulon bareng anak FISIP UI. Pemandangan yang sangat mempesona dengan rute jalur Selatan yang makan waktu 9 hari perjalanan menyusuri pantai membuat gua sangat ingin kembali lagi ke sana. Rute Selatan ini sudah gua jalani enam kali, terakhir tahun 1998. Selain itu gua pernah sekali ikut survey Badak Jawa, rutenya dari Pantai Selatan tembus ke Pantai Utara. Jadi Ujung Kulon ya gua coret juga deh dari daftar ini.

8. Ujung Pandang. Kenapa ya gua nulis Ujung Pandang ? Gak inget nih gua kenapa nulis Ujung Pandang. Coret aja deh, udah pernah juga didatengin.

9. Komodo, nah ini yang gua belum pernah. Mau liat naga yang hidup di Pulau Komodo. Tapi apa bener gua mau liat binatang ini ? Ke Kebun Binatang aja bisa kok, ngapain jauh-jauh ke sana segala.

Kalo ngeliat daftar tahun 1994 itu, keinginan gua kayaknya paling ke Meru Betiri, Alas Purwo, Baluran dan Pulau Komodo. Kalo yang gunung-gunung mesti latihan keras dan panjang biar nikmat naik gunungnya, walaupun tetap butuh latihan fisik gua pilih jalan-jalan di Pantai aja deh. He…he..he… selamat mengevaluasi mimpi-mimpimu teman.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home