Wednesday, October 26, 2005

Malang

Sehari sepulang dari Medan, gua sudah dalam pesawat Citilink menuju ke Surabaya. Ceritanya dalam rangka perayaan Kemerdekaan RI, Citilink akan menerbangkan gratis 2000 orang yang mengirimkan email menarik tentang akan kemana jika mendapatkan tiket gratis Citilink.

Gua kirim email aja bilang mau ke Balikpapan soalnya dari semua tujuan Citilink hanya kota ini yang belum pernah gua datengi. Pertengahan September dateng surat yang menyatakan gua dapet tiket gratis ke Balikpapan dan harus menukarkan dengan surat itu dengan tiket di Soekarno Hatta. Ketika gua telpon ternyata Citilink tujuan Balikpapan sudah nggak beroperasi lagi mulai 1 September 2005, apes deh gua. Udah gitu batas akhir tiket ini digunakan adalah tanggal 30 September 2005, mepet banget sih ngirim suratnya. Gua hanya punya 1 weekend yaitu tanggal 24-25 September 2005. Ya udah akhirnya gua pilih tanggal itu dengan tujuan Surabaya. Rencananya dari Surabaya gua akan menuju ke Tumpang untuk kemudian menghabiskan malam minggu di Ranu Pane, kaki gunung Semeru.

Penerbangan lancar dari Jakarta, sampai di Surabaya ternyata gua dapet barengan yang mau ke Malang. Naik motor ke Malang makan waktu sekitar 2 jam dengan saingan bis-bis dan truck-truck besar. Sereman gua naik motor ini ketimbang waktu naik pesawat tadi. Gua dianterin sampe ke Tumpang segala buat nyari jeep yang mau ke Ranu Pane. Kota Tumpang sudah agak berubah, terakhir gua ke kota ini tahun 1993. Ternyata gak ada jeep yang mangkal di pasar jadi mesti nyari ke belakang-belakang pasar. Eh masih nggak ketemu juga sementara hari sudah mulai beranjak siang. Hitung punya hitung kayaknya nggak keburu lagi nih karena gua besok mesti ada di Juanda Surabaya jam 16.00. Ya akhirnya harus dibatalkan rencana ke Ranu Pane. Tujuan pengganti adalah Malang.

Sampai Malang ternyata temen gua mau nyari oleh-oleh, jadinya kita pergi ke Jalan Ciliwung beli oleh-oleh Keripik Tempe Abadi dulu setelah itu gua ditemenin nyari penginapan, pilihan pertama jatuh ke Hotel Helios di jalan Patimura. Rekomendari dari Lonley Planet. Selesai naruh barang di kamar, kita pergi ke alun-alun dan gua di drop di sana temen gua langsung pamit balik ke Surabaya karena hari sudah sore.
Image hosted by Photobucket.com
Nnyobain ice cream tempoe doloe

Muter-muter sendirian gua berusaha mengingat bentuk alun-alun Malang sekitar 12 tahun yang lalu. Gua pernah duduk di salah satu sudut alun-alun ini dengan mata kiri pakai perban oleh-oleh pendakian Gunung Semeru.

Nggak berhasil nemu bangku temapat gua duduk dulu akhirnya gua jalan muterin alun-alun, ada gereja deket alun-alun bisa ke gereja nih sore tapi karena masih ada waktu 1 jam gua milih nunggu di depan gereja aja. Di depan gereja ada Toko "Oen". Toko dari jaman Belanda dulu jagoannya Ice cream ama cemilan Belanda. Walaupun dilarang dokter makan ice cream gua rada bandel, sekali aja kok dok.
Image hosted by Photobucket.com
Ini dia prasasti di pintu gerejanya

Pulang gereja jalan kaki ke Hotel Helios, gak jauh kok. Ngelewatin Hotel Tugu dan Tugu Balai Kota Malang. Makan malam sate dan tongseng di warung samping hotel abis itu tidur nunggu dijemput teman.

Teman gua yang satu ini datang setelah selesai kerja sekitar jam 24.00, gua udah pules dari jam 21.00. Malam ini kita ke tempat tongkrongan anak Malang. Mesen minuman hangat dan cemilan jagung bakar pipilan (buat orang yang males gigit jagung sudah disediakan jagung yang telah dipipil sehingga tinggal makan pakai sendok), sama mesen kacang rebus (cemilan favorit gua nih). Rata-rata mahasiswa dan karyawan shift malam yang nongrong di situ. Kita ngobrol sampe jam 03.00.
Image hosted by Photobucket.com
Sarapan Soto Lamongan dulu, enak dan murah.

Pagi-pagi sekitar jam 07.00 kita udah muter naik motor nyari sarapan. Pilihan jatuh ke Soto Lamongan yang ada di Jalan Oro- oro Dowo. Makan satu porsi aja gua udah kenyang, murah lho nih soto cuman lima ribu aja.

Abis sarapan muter-muter Malang dan lanjut ke Batu. Gua cuman pengin tahu aja Batu kaya apa sekarang, udah lama banget gua ke Batu. Itu juga hanya selewatan aja dulu. Sampai di Batu parkir motor dan kita jalan-jalan di pasar dan alun-alun aja. Nggak lama di Batu langsung balik ke Malang lagi.

Gua nyari travel dari Malang yang langsung ke Bandara Juanda. Beberapa yang kita telpon udah keabisan tempat. Untung-untungan nanya sama travel di pinggir jalan dan langsung dicariin sama mereka, eh masih ada satu tempat.

Abis dapet tiket jemputan kita makan siang dulu di Depok Gang Jangkrik di Jalan Kawi Atas. Ini patut dicoba nih kalo ke Malang. Selesai makan siang balik ke kost temen gua dulu terus nunggu di kantor temen gua buat dijemput travel.
Image hosted by Photobucket.com
Depot Gang Jangkrik, kalo ke Malang patut untuk dicoba nih.

Jam 14.00 jemputan dateng, Suzuki AVP lumayan juga nggak perlu antri dan nunggu naik bis. Sampai di Juanda masih ada waktu lama buat makan dulu. Bandara Juanda rame Minggu sore ini tapi untungnya pesawat Citilink nggak terlambat. Jam 20.00 sampai di Soekarno Hatta langsung ambil mobil yang gua parkir dari kemarin. Lebih murah gua parkir mobil ketimbang naik taxi pulang. Selesai deh weekend di Malang.

Loki teman perjalanan 12 tahun lalu yang nemenin turun dari Semeru kembali ke Jakarta.
Terima kasih untuk Solex yang telah membawa ke Tumpang dan Malang dalam boncengan motornya yang nggak pernah pelan.
Terima kasih juga untuk Joko yang sudah menjadi guide selama di Malang.