Monday, October 24, 2005

Akhirnya....Medan, tujuan selanjutnya Tuk tuk

Medan, kota yang belum pernah gua kunjungi. Begitu liat iklan tiket Awair murah ke Medan gua langsung semangat. Langsung reservasi on line milih hari keberangkatan, tapi gua tunda dulu bayarnya mau cari teman dulu. Gua hubungin temen-temen ngajak weekend di Medan dengan tiket murah. Dua hari gak ada yang jawab mau ikut, akhirnya gau mau reservasi on line lagi, cuek aja pergi sendirian walau jadi rada mahal. Ternyata tiket murahnya udah nggak kebagian lagi gua.

Seminggu kemudian setelah batal ke Medan ternyata gua dapet tugas kantor buat ke Medan. Nah ini dia, akhirnya bisa liat Medan juga. Berangkat naik Mandala sore hari dari Jakarta. Beberapa teman-teman sempat kaget kenapa naik Mandala, soalnya belum ada sebulan lalu ada kecelakaan Mandala di Polonia, Medan. Gua sih jawabnya, ”Nasib udah ada yang ngatur, nggak usah di pesawat lagi tidur di rumah aja bisa ketiban pesawat kok”.

Ketika di Medan, gua udah pesen ke Pak Manik, supir mobil carter. Kalo makan siang cari warung atau restaurant lokal yang menyediakan masakan lokal juga. Jadi buat makan siang pasti kita makan di Lapo. Sayangnya selama di Medan dengan beberapa Lapo yang dipilih oleh Pak Manik gua masih lebih suka rasa masakan Lapo di Jakarta entah itu yang ada di Senayan maupun yang Pramuka, mungkin yang di Jakarta ada penyesuaian dengan selera orang Jakarta kali.

Image hosted by Photobucket.com
Lidah gua kayaknya sebih sesuai sama yang di Jakarta ketimbang yang di Medan.

Ketika pekerjaan sudah selesai dan sore belum lagi mau datang, gua bilang kalo mau liat laut. Akhirnya kita menuju ke Belawan, nggak sampai satu jam sampailah kita di Belawan. Kota Belawan bisa dibilang kecil, hanya sederet pertokoan di sisi jalan menuju ke pelabuhan. Kita menunggu sun set di warung yang ada di pinggir pelabuhan, ada sebuah kapal perang TNI AL yang bersandar di sana. Kok hanya satu ya ? Apakah yang lain sedang patroli ? Wilayah yang berbatasan laut dengan dua negara tempat bajak laut sering beroperasi tempat para penyelundup lalu lalang tempat yang potensial ada penyusupan kekuasaan asing kok hanya ada satu kapal yang sandar ya ? Berpikir positif aja deh, pasti yang lainnya sedang patroli. Harapan gua yang lainnya itu ada sekitar 100 kapal yang pangkalannya di Belwaan sedang patroli.

Kita meninggalkan Belawan dan kembali menuju ke Medan. Tujuan berikutnya Kesawan Square. Pusat makanan di Medan, satu ruas jalan di tutup dan dijadikan tempat makan di tengah jalan. Beberapa cabang restaurant dan warung makan terkenal membuka cabang di Kesawan ini. Karena baru jam 18.45 belum banyak yang buka akhirnya kita pergi nyari duren Medan dulu.

Image hosted by Photobucket.com
Pelabuhan Belawan

Gua mesti keluar Rp 120.000,- untuk dua buah box ukuran 40 x 30 x 5 cm berisi duren Medan yang sudah dikeluarkan. Lumayan murah soalnya kalo di Mangga Besar dengan duit segitu cuman dapat 6 biji duren Medan. Nah gua nggak tahu ada berapa biji duren yang masuk dalam dua box itu yang pasti sih lebih dari 6 biji. Besok pagi jam 10.00 akan di ambil Pak Manik sambil mengantar gua ke Bandara kembali ke Jakarta.

Urusan duren beres kembalilah kita ke Kesawan, nah sekarang udah lumayan rame baik yang jual maupun yang beli. Ada sop sum-sum yang sebenarnya ingin gua coba tapi karena selama tiga hari di Medan udah kebanyakan makan lemak, daging dan duren akhirnya gua urungkan niat buat makan sup sum-sum yang dikasih sedotan untuk nyedot sum-sumnya. Lain kali mungkin kalo kembali ke Medan dan jalan-jalan ke Tuk-tuk menikmati keindahan Danau Toba pasti gua akan coba sup sum-sum ini.

Rute sudah di susun Medan, Bratagi, Tele, Panguruan dan masuk Pulau Samosir menuju ke Tuk-tuk terus nyeberang ke Parapat dan lanjut ke Pematangsiantar untuk kembali ke Medan. Ya mungin kalo long weekend dan ada tiket murah bisa terlaksana nih rencana. Semoga saja.


0 Comments:

Post a Comment

<< Home