Tuesday, November 08, 2005

Sungai Citarik

Minggu, 30 Oktober jam 01.00 sebuah Kijang sewaan meluncur membelah malam ke arah Citarik. Tujuh orang penumpangnya sedang membicarakan tempat sahur yang enak, keputusan bulat diambil dan mobil meluncur tidak ke arah Sukabumi tapi ke arah Puncak. Kita mau sahur di sate Pak Kodir, Megamendung.

Udah dibela-belain ke Megamendung ternyata Pak Kodir tutup, ya sudah kita akhirnya makan di Warung Padang Lembah Anai di deket-deket Megamendung. Kita pengunjung terakhir karena nggak lama setelah kita makan warung itu tutup.

Habis sahur perjalanan dilanjutkan ke arah Sukabumi, sampai di Jembatan sungai Citarik jam 05.00, rencana rombongan teman-teman dari Depok akan berangkat jam 05.00 jadi perkiraan kita mereka akan sampai sekitar jam 08.00. Ternyata jam 06.00 rombongan Depok sudah sampai dengan CRV isi 9 orang. Total jumlah peserta jadi 16 orang.

Setelah tidur-tiduran bentar kita pindah dari saung di pinggir jembatan ke tempat parkir Arus Liar. Kita akan menyewa perahu dari Arus Liar karena kita nggak bawa perahu. Jam 09.45 kita sudah mulai turun dengan 3 buah perahu sewaan.

Pengarungannya lancar dan menyenangkan, nyangkut dan kecebur sih ada juga tapi nggak sampe kebalik. Ketinggian air dari starting point 76 cm. Masih masuk kategori normal. Arus Liar mengoperasikan perahu kalo debit air antara 40 - 90 di atas itu mereka bisa turun dengan extra pengamanan.

Sebelum jeram Good Bye (jeram besar terakhir) perahu III udah kempes banget dan pompa di bawa rombongan depan jadinya perahu III hanya diisi 3 orang saja sisanya pindah ke dua perahu lainnya. Perahu itu karena kempes jadi kaya uget-uget karena bentuk perahu mengikuti bentuk arus sungai. He...he...he...

Setelah jeram terakhir yang besar ini perjalanan masih jauh dari finish dan karena arus sungai tidak deras dan kemiringan tidak terlalu besar yang mengakibatkan sungai tenang membuat kita harus sering-sering dayung.

Jam 13.15 Perahu terakhir sampai di garis finis, langsung beres-beres dan kembali ke Arus Liar naik truck bak terbuka.

Selesai beres-beres kita menuju ke Bogor, jam 16.45 sampai di Bogor parkir di Internusa. Liat-liat Esta dulu abis itu mau liat-liat FO. Nggak sempet liat FO-nya udah keburu magrib jadinya kita makan nasi timbel. Selesai makan balik deh ke Jakarta.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home