Thursday, July 14, 2005

Situ Patenggang

Kalau saja di Tol Cikampek tidak ada kecelakaan dan kalau saja di Pasar Soreang tidak macet jarak Jakarta sampai ke Situpatenggang pasti bisa kami jalani dalam 3 jam saja.

Sabtu, 9 Juli 2005 jam 07.30 rombongan kami masuk jalan tol dalam kota yang menyambung terus ke tol Cikampek. Dua mobil beriringan di pagi itu menuju ke Ciwidey. Mobil depan berisi John dan Anita sementara mobil satunya berisi Inge, Dodot dan Didit. Rencana awal kita mau naik Mobil John & Anita saja tetapi ketika pagi hari mau berangkat dan Dodot ngumpul di Condet baru ketahuan kalau bawaan kita banyak juga ya…. Pastinya nggak akan masuk ke sedan, Dodot juga nggak tahu kalau mobil Anita dan John sudah ganti sedan beda sama saat persami 1 yang masih Kijang. Alhirnya diputuskan gua juga bawa mobil. Bawaan gua aja satu travel bag gede karena belanja buat semua ditambah matras dan aqua gelas satu dus (sisaan di rumah angkut aja) serta dua kantong plastik buat cemilan di jalan sama sayuran yang baru beli pagi tadi. Dodot bawa karimorr 50an liter, 2 tenda dan satu term a rest dan satu lampu badai coleman yang pake batre. Semua barang itu nggak dipacking di dalem ransel, jadi gembolan dia emang banyak juga. Gua nawarin gimana kalo ganti bawa mobil gua aja, satu mobil nggak usah bawa dua sehingga sesuai dengan himbauan pemerintah untuk menghemat energi tapi nggak disetujui.

Perjalanan relative lancar dengan kesabaran kami melewati macet di Tol Cikampek, ada bekas kecelakaan, barangnya sendiri udah nggak ada tapi karena rasa ingin tahu jadinya tiap orang meluangkan waktu minimal 3 detik untuk mencari-cari di mana mobil yang terlibat kecelakaan itu akibatnya ya hampir 1 jam kami antri sampai bebas dari rasa ingin tahu ini. Masuk tol Cipularang relative lancar juga. Belum bayar waktu kami lewat Tol Cipularang jadi hanya bayar Rp 11.500,- Selisih empat hari untuk lewat Tol Cipularang sudah dikenai biaya Rp 29.000,- Tapi ya setimpal lah jarak dan waktu dengan biaya tol. Keluar tol Kopo nggak jauh langsung terjebak kemacetan pasar Soreang, yang lumayan juga hampir 30 menit mungkin kami jalan merambat membelah kemacetan.

Pom bensin pertama yang kami temui setelah kemacetan langsung isi bensin isi Rp 30.000 langsung penuh lagi. Mobil sudah kenyang sekarang giliran penumpangnya, kita makan siang di warung Padang, selepas macet banyak orang berjualan Jeruk Bali gede-gede harga 7000an, jeruk ini yang bikin Anita sakit gara-gara kebanyakan makan, teler dia pas kita pulang besoknya ke Jakarta. Abis maruk sih.

Jarak dari pintu tol Kopo ke Soreang sekitar 15 km, Soreang ke Ciwidey 11 km, Ciwidey ke Kawah Putih 10 km dan Kawah Putih ke Situ Patenggang 5 km. Sehabis makan siang lancer perjalanan. Masuk ke Ciwidey “Kota Wisata” perjalanan mulai mendaki dan berkelok. Amboi….indah nian hamparan sawah, bukit dikejauhan berganti dengan perkebunan strawberry dan perkebunan teh.

Anita dan John bertemu dengan teman-teman yang telah sampai lebih dahulu di Restaurant Haur Koneng, murah dan enak nih masakan Sunda kita makan pas pulang. Mobil gua udah jauh di atas dan baru dapet berita, males balik arah dan turun lagi kita babals terus ke Situ Patenggang. Sehabis kelokan diantara kebun-kebun teh kami liat sebuah danau dari ketinggian. Turun menuju ke tempat parkir sekitar jam 12.00an yang parkir udah rame banget. Bis dn mobil dari Jakarta, Bandung maupun Jawa Tengah. Masuk ke Situ Patenggang untuk 3 orang dan 1 mobil bayar Rp 10.500,-

Image hosted by Photobucket.com

Danau ini bisa dikitari dengan perahu sewaan, untuk yang diayuh sendiri bayar Rp 20.000,- kalau mau yang nggak cape bayar Rp 5.000 per orang tapi ngetem sampe 15 orang baru jalan atau mau carter bisa juga Rp 50.000,-

Inge, Dodot dan gua akhirnya jalan-jalan muterin danau yang adem, awalnya Dodot bilang panas-panas kok orang pada pake jaket ya, eh pas kita turun baru deh berrrr anginnya dingin juga ya….