Wednesday, April 27, 2005

Sepatu

Setelah sekian lama tidak digunakan akhirnya rencana jalan jadi juga. Perlengkapan dikumpulkan dan dipersiapkan. Sepatu kesayangan yang sudah hampir satu tahun istirahat akhirnya akan digunakan.

Gua ambil dari bungkusan plastik di rak sepatu dan mau cek kondisi. Eh baru dipegang lapisan plastik tempat tulisan Trezeta AVS rontok dan itu kejadian di empat sisi sepatu. Bagian yang terbuat dari plastik rontok semua sementara yang terbuat dari kulit masih mulus dan bagus. Ya…. Nyesel dulu pilih sepatu pake ada plastiknya segala. Seharusnya gua pilih yang full kulit.

Lapisan Goretex yang menjamin sepatu bisa ‘bernafas’ maksudnya di dalam tetap kering kalau kena air tetapi tidak panas karena dengan lapisan Goretex panas di dalam di buang ke luar, tuh Goretex masih bagus dan jadi kelihatan karena plastik tempat merk itu copot.

Sol Vibramnya juga masih bagus. Sol ini bisa langsung dipasang crampon kalau memang dibutuhkan untuk jalan di salju atau es. Emang nggak pernah gua pake jalan di Salju tapi nih sepatu pernah dipinjem buat ke Puncak Jaya, yang punya nggak ikut sepatunya aja yang pergi deh.

Ya… mau dibilang apa lagi mungkin karena jarang dipakai atau perawatan yang salah jadi plastik itu rontoh menjadi bubuk. Nyesel juga tapi ya …. Sepatu yang nemenin gua dari tahun 1998 mungkin memang sudah waktunya buat diganti.

Image hosted by Photobucket.com

Sepatu trekking pertama gua pas SMA dulu merknya Rocky ini mirip kaya sepatu tentara tapi warnanya coklat. Tebal melindungi mata kaki dengan sol Vibram dan lapisan Goretex tentunya. Dulu gua beli di Mirusa, Guntur, masih ada nggak ya tu toko ?

Yang pasti kalo mau beli sepatu trekking ada beberapa pertimbangan yang harus diperhatikan : Fungsi untuk melindungi kaki, ada yang memilih sepatu di atas mata kali makin bagus karena melindungi dari kemungkinan keseleo kalau salah injak atau kepleset tapi ada juga yang memilih di bawah mata kaki agar bebas bergerak. Anti air juga jadi pertimbangan penting yang pasti bahan Goretex jadi pilihan utama. Tiap merk sepatu biasa punya sol sendiri tapi kalo mereka memakai sol buatan Vibram akan makin bagus lagi untuk kondisi jalan di tanah basah. Fungsi kenyamanan lainnya adalah tempat memasukkan tali sepatu. Sepatu trekking harus gampang dilepas dan gampang di pasang kembali. Kait ring besi yang ditanamkan di sepatu dan bukan hanya lobang-lobang di sepatu akan memudahkan membuka tali sepatu. Akhirnya harga, ya seberapa jauh kita mau mengeluarkan uang buat dapet tuh sepatu.

Ya seberapa jauh ya gua mau ngeluarin uang buat sepatu trekking yang baru ?

0 Comments:

Post a Comment

<< Home