Wednesday, February 16, 2005

Surat Identitas

Urusan surat identitas pasti dibutuhin kalo kita berhubungan sama pemerintah. Surat identitas a.k.a KTP keluaran Pemda ini kadang jadi bahan tertawaan kalo lagi ngumpul. Eh...lambang lu Monas apa Kujang.



Setiap kali ada operasi Polisi selain SIM dan STNK pertanyaan berikutnya adalah KTP, apa hubungannya ya antara Polisi sama Identitas kependudukan ? Lain ceritanya kalo operasi Justisi keluaran Dinas Keamanan dan Ketertiban PEMDA DKI Jakarta, wajar mereka nanya KTP.

Tapi apa urusannya juga ya mereka tanya KTP ? Kalo kita pegang KTP dari luar Jakarta terus ? DKI bukan kota tertutup lagi walaupun bisa pusing kalo pergi dan pulang kerja gara-gara naik kendaraan yang majunya cuman satu meter satu menit.

Gua punya pengalaman sama urusan Surat Identitas kaya gini. Bukan KTP tapi Akte Nikah dan Catatan Sipil.
Setelah menunggu hampir 2 bulan buat surat catatan sipil eh masih ada salah eja. Nama istri gua ternyata salah tulis. Wahhhhh.... udah bayar 600 rebu tapi kayaknya nggak ngaruh buat orang yang ngurusin catatan sipil buat negeliat lebih teliti di akte kelahiran. Padahal tuh nama ada di akte kelahiran dan tinggal disalin ke akte catatan sipil. Pastinya buat kaya gini pasti keluar duit lagi padahal bukan kita yang salah.

Masalah akte-akte kaya gini lebih jadi hambatan lagi buat orang non pribumi, ada yang hampir 6 bulan belum jadi tuh akte catatan sipilnya. Padahal kalo mau cerdas, nggak sulit buat ngurusin hal-hal macam kaya gini. Kita mesti lebih sabar atau mereka harus lebih cerdas.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home